Pratesis, Ahlinya Solusi Pengelolaan Distribusi

Proses rantai distribusi sangatlah panjang, dan membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. Betapa tidak, setiap perusahaan mesti mengatur proses mulai dari ketersediaan barang oleh supplier, ketersediaan barang di gudang penyimpanan (inventory), pengantaran barang hingga ketersediaan barang di toko-toko.

Tak hanya itu, proses bisnis industri distribusi di Indonesia juga tergolong unik. Banyak kasus lokal yang harus bisa diadopsi oleh aplikasi distribusi yang hendak diterapkan. Misalnya, soal pola diskon berjenjang (multiple discount structure) yang diperkenalkan para produsen lokal untuk menembus pasar, dan sebagainya.

Rumitnya proses distribusi tersebut, tentunya membuat para pelaku industri cukup kewalahan. Alhasil, tidak jarang terjadi mis-management yang berujung pada ketidakmampuan mengontrol biaya (inefisiensi). Oleh karena itu, untuk memastikan proses tersebut berjalan dengan baik, lancar, efektif dan efisien, diperlukan sebuah sistem dan aplikasi yang mampu menangani proses rantai distribusi tersebut.

Sejatinya, ada banyak solusi distribusi yang ditawarkan vendor luar. Tetapi, selain biayanya relatif lebih mahal, seringkali aplikasi buatan vendor luar ini pun tidak mampu mengakomodasi keunikan dan karakteristik proses bisnis industri distribusi di Indonesia.

Nah, perusahaan lokal di Indonesia yang memiliki keahlian mumpuni di bidang sistem pengelolaan distribusi (Distribution Management System) adalah PT Pratesis.

Berbekal pengalaman lebih dari 30 tahun di industri ritel dan distribusi, Pratesis memiliki keahlian dalam menjamin produk atau layanan customer bisa tepat sasaran dan sampai tepat waktu secara efektif dan efisien. Pratesis juga memiliki keahlian dalam mengelola pasokan gudang secara optimal dan hemat biaya, mengendalikan stok barang, hingga penyajian informasi akurat untuk tiap level manajemen demi berlangsungnya operasi bisnis yang lebih baik.

Keahlian dan kemampuan Pratesis dalam mengelola proses bisnis di industri distribusi tersebut, karena Pratesis memiliki dan menyediakan beragam solusi distribusi terintegrasi dari hulu ke hilir, yang dikemas dalam brand Scylla.

Scylla merupakan aplikasi andal yang di dalamnya berisi proses bisnis ideal distribusi, yang mampu mendukung proses transaksional atau operasional di tingkat cabang atau distributor – mulai dari manajemen penjualan, persediaan, penagihan, utang-piutang, kas hingga kepada GL (General Ledger).

Selain itu, Scylla juga dapat mengonsolidasi data dan informasi atas kegiatan cabang atau distributor. Dengan begitu, prinsipal atau kantor pusat siap mendapatkan informasi akurat dan lengkap perihal kegiatan distribusi, cakupan, promosi, analisis penjualan, kinerja salesman, persediaan, piutang, dan kas bank cabang atau distributor.

Melalui aplikasi Scylla, kantor pusat perusahaan pengguna bisa mengetahui dengan tepat pergerakan setiap barang yang didistribusikan. Sekaligus bisa mengetahui respons pasar atas kebijakan harga dan promosi yang ditetapkan kantor pusat. Dengan begitu, dapat diketahui secara tepat jenis barang yang paling dibutuhkan atau diminati konsumen di  suatu daerah tertentu pada periode tertentu. Informasi ini sangat penting karena berimplikasi pada biaya produksi, pergudangan dan inventori barang.

Singkatnya, aplikasi Scylla ini sangat mampu menjawab kebutuhan perusahaan distribusi, baik skala kecil (single distributor), skala menengah (multi distributor), regional, maupun prinsipal.

Sejauh ini, aplikasi Scylla ini telah mengalami berbagai pengembangan sehingga menghasilkan “Scylla 8”. Sebagai solusi masa depan, Scylla 8 ini bukan sekadar aplikasi yang melakukan otomatisasi proses penginputan data pada operasional, namun juga dikembangkan dengan tujuan untuk mendukung proses pengambilan keputusan bisnis.

Scylla 8 ini dapat diakses di mana saja dan kapan saja selama ada jaringan Internet. Bahkan, aplikasi tidak hanya bisa diakses secara online, tetapi juga memungkinkan user melakukan input transaksi secara lokal. Dan, pada saat online, data bisa disinkronisasi ke server pusat. Hal ini untuk mengantisipasi kondisi di area yang koneksi Internetnya kurang bagus.

Lalu, untuk membantu perusahaan mengambil keputusan yang cerdas, Pratesis memiliki solusi Dashboard generasi masa depan: Scylla Analytics. Aplikasi Scylla Analytics ini dapat dikolaborasikan dengan engine Big Data sehingga proses data yang dihasilkan menjadi lebih cepat yang dibuat secara khusus berdasarkan kebutuhan pelanggan.

Scylla Analytics memungkinkan kepala eksekutif dan manajer penjualan dapat menarik keluar setiap bagian data dan menentukan bagaimana kaitannya dengan transaksi yang mendasari organisasi mereka.

Melalui solusi Scylla Analytics memungkinkan perusahaan bisa menganalisis informasi untuk memperkuat kemampuan dalam hal: mengurangi resiko, memprediksi, kelincahan (agility), dan penemuan masalah (issues discovery).

Sementara itu, untuk mendukung tim salesforce atau salesman di lapangan, Pratesis juga telah melakukan improvement Scylla Mobile yang dilengkapi dengan kemampuan transaksi online dan offline, dimana untuk area yang tidak memiliki koneksi internet masih dapat menggunakan aplikasi untuk melakukan transaksional harian. Dan, setelah keseluruhan transaksi selesai, data hasil transaksi dapat di-load balik dari Scylla Mobile ke Scylla Pro ketika sampai di distributor. Sedangkan untuk area yang memiliki koneksi internet dapat langsung mengirimkan data transaksi ke Scylla Pro secara langsung dari toko setelah selesai transaksi di toko tersebut.

Selain itu, Scylla Mobile juga dilengkapi dengan beberapa proteksi pada saat kunjungan salesman ke outlet, yaitu mengunakan Barcode maupun Geotag. Dengan begitu, dapat dipastikan bahwa salesman benar-benar mengunjunngi oulet yang telah menjadi rencana kunjungannya.

Lalu, untuk membantu prinsipal dalam melakukan proses audit distribusi dan pemasaran produk secara cepat, efisien, dan efektif, Pratesis memiliki Perfect Store Audit System.

Melalui Perfect Store Audit System ini, prinsipal dapat memastikan ketersediaan dan visibilitas produk yang ada di toko secara cepat dan efisien. Termasuk, memantau efektivitas distribusi dan pemasaran produknya. Bahkan, bukan hanya produk milik sendiri, tetapi juga produk dari para pesaing. Singkatnya, dengan memanfaatkan solusi Perfect Store Audit System ini, para prinsipal dapat membuat keputusan bisnis strategis yang lebih jitu untuk meningkatkan daya saing.

Keunggulan lain dari Scylla ini adalah dapat dengan mudah berintegrasi dengan ERP (enterprise resource planning) yang dipergunakan, sehingga memungkinkan untuk membuat perencanaan yang lebih efisien dari sebelumnya. Sebenarnya, untuk kebutuhan ERP ini Pratesis juga menyediakan solusi ritel secara end-to-end, yaitu Pronto Software.

pronto adalah satu-satunya ERP yang mempunyai modul POS (point of sales) yang terintegrasi langsung dengan back-end secara online real time, sehingga setiap transaksi yang terjadi di toko akan langsung tercatat di GL. Begitu juga pergerakan inventory dan uang. Kantor pusat mampu mengetahui penjualan, atau bahkan uang tunai yang ada di toko tertentu pada saat tertentu. Kelebihan lain dibandingkan dengan ERP yang modul POS-nya berasal dari developer lain adalah pengguna Pronto sudah tidak perlu pusing memikirkan proses synchronization yang sering mengakibatkan ketidakakuratan data yang masuk ke back-end.Pronto juga memiliki promotion engine yang user friendly dan lengkap, sehingga dapat meng-cover dinamika promosi di industri ritel. Pronto bisa mengatur banyak jenis discount item per toko, per wilayah, dengan pengaturan jadwal sampai level jam dan menit. Pronto bisa mengatur prioritas promosi yang digunakan untuk item tertentu. Misalnya, jika item tersebut diberlakukan multi program promosi.

Selain itu, Pronto juga dilengkapi modul e-Commerce online store yang terintegrasi penuh dengan backend – disebut Avenue, dan tools CRM (Customer Relationship Management) untuk mengenali pelanggan. Perusahaan bisa mengetahui tren dan prilaku pelanggannya, sehingga berdasarkan itu program promosi bisa diberlakukan baik secara group, teritori maupun per individu pelanggannya.

Dan, untuk melengkapi layanannya, sekaligus memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan adalah tersedianya layanan Helpdesk, yang mampu memberikan respon yang cepat dan tepat. Tentunya, hal itu sangat dibutuhkan oleh pelanggan untuk mengambil suatu keputusan.

Helpdesk Pratesis dilengkapi dengan tools yang dikembangkan dengan dukungan expert system, sehingga tidak hanya menyelesaikan masalah tetapi juga sebagai alat dokumentasi. Termasuk pembelajaran secara up to date, dan alat monitor kinerja sehingga dapat meningkatkan kualitas support yang lebih baik terhadap pelanggan serta meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap team support.

Jadi, untuk memenuhi kebutuhan solusi pengelolaan distribusi, percayakan pada ahlinya: Pratesis.

Sebab, Pratesis menyediakan solusi distribusi terintegrasi dari hulu ke hilir. Dengan solusinya, Pratesis akan membantu seluruh proses distribusi customer berjalan lebih efisien, mendapatkan pertumbuhan penjualan yang berkelanjutan dan meningkatkan laba bagi principal maupun distributor. Prinsipal maupun distributor dapat meminimalkan kerugian dalam investasi distribusi. Tidak ada lagi biaya terbuang untuk barang promosi/diskon dan gaji untuk tim penjualan.

Dan, Pratesis memiliki pengalaman panjang di industri ritel dan distribusi. Sejumlah perusahaan berskala besar (prinsipal) dan menengah (multi distributor) memercayakan solusi distribusinya kepada Pratesis. Antara lain: PT Unilever, PT Pinus Merah Abadi, PT Sinar Sosro, PT Sentosa Karya Gemilang, Khongguan Group, PT Intrafood, PT Mondelez Indonesia, PT Panjunan, PT Lestari Alam, PT Khingguan, PT Selatan Jaya, Masian Group, PT Indoporcelen, PT Senang Jaya Mitra Sukses, PT Delapan Mitra Perkasa, PT Kasongan Bumi Kencana, PT Lintas Semesta, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *