Sekarang bukan lagi jamannya membekali tim sales dengan perangkat kerja tertulis. Sebab, selain tidak efisien, juga sangat beresiko. Sekarang, untuk menopang kerja para tim sales ini cukup dibekali mobile device. Ujung-ujungnya, tentu saja, akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam kegiatan distribusi di lapangan dan ekspansi penjualan.

Nah, untuk menjawab kebutuhan tenaga lapangan tersebut, PT Pratesis telah mengembangkan sebuah aplikasi gugus penjualan yang disebut Scylla Mobile. Scylla Mobile merupakan alat bantu untuk management sales force.

Aplikasi Scylla Mobile ini telah dikembangkan sejak 2005. Sekarang generasi Scylla Mobile ini telah ditingkatkan: dari platform berbasis teks ke platform berbasis Windows sampai ke Android. Aplikasi Scylla Mobile yang dibenamkan di smartphone itu memungkinkan seorang salesman bisa melakukan pencatatan dan pelaporan order barang kepada distributor lebih cepat dan akurat.

Scylla Mobile on Android

Scylla Mobile on Android

Dengan dibenamkannya aplikasi Scylla Mobile ke dalam platform Android diharapkan akan dapat mendukung lebih banyak smartphone maupun Tablet PC yang mempergunakan platform Android sebagai sistem operasinya, sehingga dapat memberikan kebebasan yang sangat luas kepada customer dalam menentukan pilihan hardware-nya yang dapat disesuaikan dengan budget perusahaan

Aplikasi Scylla Mobile ini terdiri dari modul-modul untuk mengotomatisasikan kegiatan penjualan perusahaan langsung kepada salesman. Antara lain:

  • Modul Informasi, yang digunakan oleh salesman untuk mengetahui informasi-informasi tambahan (memo), promosi, kinerja salesman, dan piutang yang harus ditagih oleh salesman.
  • Modul Collection, adalah pencatatan hasil tagihan transaksi penjualan oleh salesman di lapangan, baik berupa tunai, cek dan transfer bank. Dengan fasilitas ini maka kerumitan penerimaan hasil tagihan dapat disederhanakan, karena pencatatan hasil antara kasir dan collector menjadi jauh lebih cepat dan akurat.
  • Modul Penjualan, untuk mencatat transaksi penjualan yang terjadi di outlet dan juga biaya-biaya yang dikeluarkan oleh salesman di dalam melakukan aktivitas penjualannya, bisa untuk operasi penjualan type canvassing dan taking order.

Untuk Distributor Scylla Mobile dapat lebih mengefisienkan waktu penjualan salesman, dapat melakukan pencatatan transaksi dengan cepat, membantu salesman dalam mencapai target penjualan, mempermudah salesman dalam mengidentifikasikan outlet baru, mengetahui kebutuhan pasar dengan lebih akurat, menyediakan informasi untuk penentuan demand forecast, mengurangi kesalahan operator dalam melakukan input data, meningkatkan efisiensi penagihan piutang dagang, mengetahui aktivitas kompetitor, menyediakan dan menyajikan data penjualan dengan cepat.

Sedangkan untuk principal, dapat mengetahui tujuan distribusi coverage, service level product-nya di pasar, bahkan sampai kompetitor. Selain itu, program promosi yang dibuat dapat diimplementasikan sesuai perencanaan.

Scylla Mobile juga dapat melakukan transfer data order penjualan melalui GPRS (General Packet Radio Service), dapat dengan mudah mengetahui posisi salesman pada saat melakukan transaksi via GPS (Global Positioning System), dapat melakukan scan barcode (barang, outlet dan distributor), dan dapat merekam waktu kunjungan/transaksi.

Tags: ,

Leave a Reply