PT Asia Mangan Grup, anak perusahaan dari Asia Mineral Corporation (AMC), yang mengantongi ijin untuk penambangan dan ekspor mangan dan bijih besi, telah mengimplementasikan Pronto Xi—sebuah solusi enterprise resource planning (ERP) dari Pronto Software, Australia—untuk mengelola proses bisnisnya.

Pada 2014, AMC akan memiliki dan memproduksi penuh, serta mengoperasikan seluruh fasilitas pengolahannya. Untuk mendukung pengelolaan bisnis yang semakin kompleks, manajemen PT Asia Mangan Grup membutuhkan dukungan solusi ERP yang handal. Dan, pilihan jatuh pada solusi ERP Pronto Xi.

“Pemilihan Pronto Xi adalah keputusan yang mudah, karena saya telah menggunakannya di masa lalu ketika masih di Consolidated Minerals dan proyek-proyek lainnya. Pronto Xi adalah solusi yang handal, mudah digunakan dan cepat dalam pemasangannya. Proyek kami hanya akan membutuhkan waktu 4 minggu,” ujar Michael Kiernan, Presiden Direktur PT Asia Mangan.

Pada tahap awal, implementasi Pronto Xi ini dilakukan pada bidang keuangan. Tetapi, selanjutnya akan diperluas ke bagian produksi dan perawatan aset, sejalan dengan bisnis yang ke dalam produksi penuh.

Selama ini, Pronto Xi telah terbukti sebagai solusi ERP untuk pertambangan (mining), yang diimplementasikan di sejumlah perusahaan di negara-negara Australia dan Selandia Baru, Asia Tenggara dan Afrika, dengan sejarah panjang dan track record yang sukses di semua proyeknya.

Kini, solusi Pronto Xi mining telah dilokalisasi agar sesuai dengan pasar Indonesia, dan bekerja dengan dukungan provider lokal, yakni PT Pratesis, untuk memberikan penawaran solusi turn-key secara total. “Melalui solusi PRONTO-Xi ini juga klien bisa memastikan koordinasi dan integrasi dari produknya, arus informasi dan keuangannya. Termasuk mengintegrasikan beberapa modul untuk pengelolaan inventori, order penjualan, order pembelian, perkiraan, dan penyesuaian data produk pada transaksi secara online,” ujar Singgih Tjahjono, Presiden Direktur Pratesis.

Tentang Pronto Software
Pronto Software merupakan provider global sistem ERP terkemuka dari Australia, yang mempunyai pengalaman lebih dari 30 tahun. Saat ini, Pronto Software telah memiliki lebih dari 1200 pelanggan di seluruh dunia. Pronto Software telah dimanfaatkan di 26 negara. Bahkan, Pronto Software telah mempunyai mitra lokal di sejumlah negara. Antara lain, di Singapura, Malaysia, Sri Lanka, India, Vietnam, dan sejak Juli 2010 di Indonesia dengan Pratesis.

Tags: ,

Leave a Reply