Ketika ditanya solusi enterprise resource planning (ERP) dari vendor multinasional, boleh jadi top of mind di benak para user korporasi di Tanah Air akan menyebut SAP, Oracle, Microsoft Dynamic, ataupun JD Edward. Tak banyak yang tahu tentang Pronto Software.

Padahal, Pronto yang berasal dari Australia kini juga salah satu pemain terkemuka, dengan produk unggulannya ERP Pronto-Xi, yang telah digunakan lebih dari 1.500 pelanggan di 26 negara. Bahkan, Pronto telah mempunyai mitra lokal di sejumlah negara. Antara lain di Singapura, Malaysia, Sri Lanka, India dan Vietnam. Di Indonesia, Pronto hadir sejak Juli 2010 dengan menggandeng Pratesis.

Nah, dalam rangka lebih memperkenalkan profil dan produknya di Indonesia, CEO Pronto Software David Jackman meluangkan waktu untuk berbagi cerita. Berikut petikan wawancaranya:

Apakah Pronto Software memang melihat Indonesia sebagai pasar potensial ERP, sehingga hadir di sini?

Indonesia adalah entitas ekonomi terbesar di Asia Tenggara, dengan kinerja ekonomi yang kuat. Dalam konteks krisis ekonomi keuangan global, pertumbuhan ekonomi 6,5% yang dicapainya tahun 2011 merupakan angka besar.

Tulang punggung perekonomian Indonesia adalah usaha kecil dan menengah. Jumlah mereka 96% lebih dari semua perusahaan, kontribusi terhadap PDB 30%-53%, dan kontribusinya pada ekspor 19%-31%. Tentu saja, itu pasar yang potensial bagi kami yang membidik perusahaan berskala menengah.

Apa keunggulan Pronto dibanding produk sejenis?

Kami telah berpengalaman lebih dari 30 tahun, dengan memiliki rekam jejak dalam memberikan nilai kepada pelanggan.

Pronto Software terus melakukan kajian dan analisis teknologi baru untuk memperkuat relevansi dan manfaat bisnis Pronto-Xi kepada pengguna. Sebagai solusi ERP, aplikasi Pronto-Xi memiliki beberapa keunggulan, terutama product breadth dan depth of functionality. Melalui solusi Pronto-Xi ini user bisa memastikan koordinasi dan integrasi aktivitas bisnis, serta arus informasi barang dan keuangannya.

Sekarang, sebagai langkah inovasi kami, Pronto-Xi telah terintegrasi dengan IBM Cognos 10. Ini merupakan contoh lanjutan dari filosofi kami menyederhanakan ERP bagi para pengguna. Business Intelligence (BI) di pasar menengah belum terlayani karena dianggap mahal. Namun sekarang tidak, dengan adanya Pronto-Xi.

David Jackman - CEO Pronto Software

David Jackman – CEO Pronto Software

Apa manfaat bagi pengguna dengan ditanamkannya aplikasi BI Cognos 10 dari IBM?

Lebih dari 23 ribu perusahaan terkemuka di seluruh dunia menggunakan IBM Cognos untuk membantu memahami kinerja bisnis mereka dan membuat keputusan yang lebih baik. Dengan mengintegrasikan IBM Cognos 10 ke dalam Pronto-Xi, akan membedakan solusi Pronto di mid-market yang mampu memberikan solusi out of the box BI kepada para pelanggan di seluruh dunia.

Pronto Software merupakan vendor ERP pertama di dunia yang menanamkan dan mengoptimalkan fungsi Cognos 10 dari IBM ke dalam perangkat lunaknya. Solusi kami mampu memberikan peningkatan kemampuan pelaporan bisnis secara cepat, sehingga pengambilan keputusan bisa dilakukan secara cepat dan mudah.

Apa strategi Anda untuk menembus pasar Indonesia, yang notabene belum cukup mengenal nama Pronto?

Sebuah pengalaman pengguna yang baik hanya dapat dicapai jika kami memiliki kompetensi dan pengetahuan tentang user serta fleksibilitas.

Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, kami yakin dapat melakukan hal yang sama untuk bisnis Indonesia. Kami bekerja sama dengan PT Pratesis, dan memanfaatkan keahlian mereka di bidang distribusi. Sebagai langkah awal, kami akan fokus pada rantai pasokan dan distribusi ritel. Secara bersamaan, kami berbagi pengetahuan dengan Pratesis untuk membangun kompetensi mereka di bidang manufaktur.

Apa target dan rencana Pronto ke depan, termasuk adakah rencana menambah mitra dalam memasarkan solusi Pronto di Indonesia?

Soal memilih mitra bisnis adalah sesuatu yang penting bagi Pronto Software. Standar kami sangat tinggi untuk memastikan bahwa pengguna menikmati manfaat penuh dari Pronto-Xi, sehingga mereka dapat menjadi bagian dari komunitas global yang semakin meningkat. Pada tahap ini kami tidak melihat (kemungkinan) menunjuk mitra lain.

Sudah siapkah Pronto dengan layanan cloud?

Kami memang telah memiliki banyak pelanggan yang mengakses Pronto-Xi melalui web, menggunakan berbagai layanan hosting, termasuk layanan dari divisi kami sendiri: Pronto Hosted Services. Software as a Service (SaaS) adalah sebuah tren yang sedang berkembang, dan alternatif dari pendekatan tradisional brick and mortar. Kami berkomitmen menyediakan akses Pronto-Xi dengan cara yang paling cocok bagi setiap pengguna, termasuk lewat LAN, WAN, Internet standar (dengan enkripsi data), serta jaringan publik dan swasta yang berbasis platform cloud.

by: a. mohammad bs :: zepbees.com

 

 

Tags: , ,

Leave a Reply